Jumat, 04 April 2014

Jaga Pankreas Sehat

  • Jangan lalai dan terlambat menjaga pankreas.
  • Bekali diri dengan informasi untuk menjaga kesehatan pankreas sejak dini.
  • Bahan pangan untuk menjaga kestabilan Gula Darah dan Pencegahan Kanker Pankreas.
  • Berkaitan dengan Diabetes Mellitus.
Pankreas adalah organ pada sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi  utama, yakni penghasil enzim pencernaan serta beberapa hormon penting seperti insulin yang dihasilkan sel beta, GHS yang dihasilkan sel epsilon GHIH yang dihasilkan sel delta.

Letak pankreas pada bagian posterior perut dan berhubungan erat dengan deodenum (usus dua belas jari).

Pankreas merupakan kelenjar panjang agak menyempit dan terletak dibelakang usus dua belas jari.

Kepulauan Langerhans

Pankreas mengandung sekumpulan sel yang disebut kepulauan Langerhans. Fungsi pankreas :
  • Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glucagon, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati.
  • Pengeluaran kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga merangsang hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya. 
Kepulauan Langerhans menghasilkan hormon insulin dan glukagon yang digunakan untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Insulin akan mengubah kelebihan glukosa darah menjadi glikogen untuk kemudian menyimpannya didalam hati dan otot. Ketika tubuh butuh tambahan energi, glikogen yang tersimpan didalam hati akan diubah oleh glukagon menjadi glukosa yang dapat digunakan sebagai energi tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar